Semarang adalah kota metropolis yang berkembang dengan banyak keajaiban alam dan sejarah yang patut untuk dijelajahi. Ibu kota propinsi Jawa Tengah ini terletak di Pantai Utara Jawa dan merupakan Pelabuhan utama di sepanjang pesisir Pantai Utara. Sejarah mengatakan bahwa kota ini adalah sebuah kota dengan situs sejarah dan budaya yang banyak, monumen kolonial kuno masih berdiri dengan gagah diseluruh kota sampai saat ini.
Posisinya yang terletak di Laut Jawa, yang merupakan posisi strategis bagi perdagangan dunia, telah membuat kota ini menjdi wadah percampuran budaya dan etnis dari Asia Timur dan Eropa. Saat ini kota Semarang merupakan rumah bagi sekitar 1,5 juta jiwa penduduk.
Berkeliling dimasa peradapan Cina dan didaerah komersial Belanda, kita akan melihat pengaruh budaya yang berbeda diseluruh bagian kota. Beberapa tempat yang bisa dikunjungi di Semarang, diantaranya: Kota Lama Semarang, Polder Tawang, Gereja Blenduk, Tugu Muda, Gedung Lawang Sewu, Pusat Oleh-oleh (di JL. Pandanaran), Kenteng Sampookong, Vihara Watu Gong, Masjid Agung Jawa Tengah, dll.
  One Day City Tour
 Dalam rangka menyemarakkan Agenda PIMNAS-27 yang diselenggarakan oleh Universitas Diponegoro dan untuk semakin mengenal lebih jauh kota Semarang, maka panitia memfasilitaskan peserta PIMNAS dengan program One Day City Tour yang akan diselenggarakan pada Hari Kamis, 28 Agustus 2014.
Rencana Acara:
Jam 07.00 Persiapan pembrangkatan, kunjungan wisata pertama anda akan kami bawa ke kelenteng Sam Poo Kong. yakni tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang laksamana Tiongkok yang bernama Cheng ho
Jam 10.00 setelah berwisata di Sam Poo Khong, dilanjutkan mengeksplorasi salah satu bangunan paling bersejarah kota semarang yakni Lawang Sewu & Kota lama. Lawang sewu merupakan Bangunan yang di bangun pada masa penjajahan belanda memiliki cerita salah satunya pertempuran hebat lima hari di semarang, sehingga menimbulkan kesan mistis, dan bahkan mr. Tukul pernah mengabadikanya melalui program TV “uka-uka”. Kota lama merupakan pusat perdagangan pada abad 19-20
Jam 12.00 Ishoma di Masjid Agung Jawa Tengah (salah satu bangunan masjid termegah di Indonesia dengan ciri arsitektur timur tengah)
Jam 13.00Setelah ishoma, melanjutkan perjalan ke Pandanaran Pusat Oleh2 kota Semarang.
Jam 15.00 Acara wisata selesai, kembali ke Universitas Diponegoro
Fasilitas/akomodasi:
  • Transportasi menggunakan Bus
  • Makan dan Snack 1 kali
  • Air mineral
  • Souvenir untuk tiap peserta
  • Tiket masuk Objek wisata
  • Tour leader dan Guide local berpengalaman

  Harga: Rp. 60.000,-/Orang
 Untuk Informasi/Pendaftaran (Tempat Terbatas) :
 Hub. Bpk. Haryudhi  Tlp. 024 74 600 31, Hp. 0852 80 511 559 / 0856 41 636 106